Tags

, , , , , ,

Tea Tree by The Body Shop

” Prone to blemishes, blackheads and oily skin? Our tea tree skin care range harnesses the cleansing power of natural tea tree and is clinically proven to give clearer skin from one week. Whether you tackle your skin with our paraben free Tea Tree Oil, Facial Wash or beat spots while you sleep with our Night Lotion, it’s time to say goodbye to shine and hello to clear skin! And for a flawless appearance in one step, check out our BB Cream for blemished skin. ” (dikutip dari website resmi the body shop : https://www.thebodyshop.co.id/products/range/range-tea-tree.html?gclid=CjwKCAjw8qjnBRA-EiwAaNvhwLhjAeFWOIuacewue4PnAEN1d0F8UbzwTqq4h1ZTYPh41fEr4DUyaxoCVtYQAvD_BwE )

Aku mau kasih review soal produk -produk di atas. Tapi sebelumnya, aku cerita dulu ya soal latar belakang kenapa akhirnya berujung di produknya The Body Shop.

Jadi, di tahun 2015,kulit wajah aku mengalami jerawatan yang kalau aku bisa bilang sih lumayan parah ya. Kenapa? Karena jerawat yang muncul bukan lagi jerawat kecil atau jerawat bruntusan melainkan jerawat yang meradang, bener – bener meradang dan bukan cuma satu dua biji. Nggak sampe menuhin muka juga tapi mereka ini ngumpul di spot – spot tertentu jadi ya menarik perhatian.

Aku sih tipikal orang yang cuek sama penampilan. Dulu cuma kenal sama bedak Cusson’s baby. Sampe awal – awal kuliah masih pake itu , alas bedak nya mulai kenal pond’s yang pink, kalau nggak salah namanya pond’s white beauty. Dulu kan belum sebanyak sekarang variannya yak. Plus pake Lip Ice yang harganya masih belasan kala itu ( mulai kan keliatan aku makhluk dari jaman kapan hahaha )

Nah ketika beranjak dewasa ( duileeeeh… ), tepatnya pas mulai masuk pertengahan masa kuliah, nyambi kerja, bedak pun di upgrade ke PIXY two way cake. Dan berhubung aku kerja sebagai SPG aka Sales Promotion Girl, you know lah yaaaa, penampilan nomer satu. We have to look so gourgeous, God i wish we really looks so, but actually we just have to put make up as bright as possible, which is mean : bedak harus bisa bikin muka keliatan cerah, nggak kumus, eyeshadow harus warna terang, lipstik merona, blush on harus keliatan banget, sampe kadang saking keselnya kita suka make nya hampir mirip abis ditampar.

Entah mulai kapan tepatnya kulit muka aku jadi nggak sehat. Karena selain make up yang mulai beragam, aku juga mulai kena ‘racun’ krim. Nama krim nya apa udah nggak perlu disebut lah ya. Pokoknya yang sekarang ini udah dilarang beredar karena mengandung bahan – bahan yang nggak bagus buat kesehatan kulit. Harganya murah, nggak sampe puluhan ribu. Cuma gara – gara iseng, kepo, penasaran sama hasilnya, jadi ikutan pake. Dari 2010 – 2013 kira – kira masih bertahan pake krim sejenis itu, nggak cuma satu merk kan itu tuh, ada banyak kembarannya, kemasan sama, warna sama, tekstur juga sama, harga sebelas dua belas, cuma beda di stiker merknya aja.

Taun 2013, baru mulai muncul jerawat lebih banyak, dari yang mulanya aku nggak pernah jerawatan, pernah pun cuma muncul satu terus ilang dalam dua tiga hari. Walopun tiap hari pake make up, tuntutan kerja dari pagi sampe malem, mau tidur cuma sekedar cuci muka pake sabun muka sepaket sama krim malemnya, muka nggak pernah ada masalah. Yaa efek awalnya kan suka ngelupas gitu tapi di aku efek itu cuma dikit dan bentar, selebihnya nggak lagi. Kulit muka ku makin keliatan nggak sehat. Coba berenti sekitar sebulan dua bulan pake krim, muka malah keliatan kusem, kayak nggak pernah mandi, dan jerawat besar – besar mulailah berkunjung. Oh ya pada dasarnya kulit aku emang nggak putih, sawo mateng, tapi sejak make krim – krim itu makin kesini nggak sadar kalao makin putih. Yap. Putih ala cece – cece. Aku nggak sadar karena emang nggak terlalu peduli penampilan awalnya. Terutama nggak peduli sama pandangan ataupun komentar orang. Mungkin pernah ada yang nyeletuk soal warna kulit dan lain sebagainya tapi aku cuek. Sekarang baru kalo liat foto jaman itu tuh pengen ketawa.

2015 aku pindah ke Bandung, terus ke Banten, lebih sering ketemu keluarga, dan sering banget denger keluhan mama papa soal perubahan kulit muka. Makin sering juga liat kaca. Pas nemenin mama papa jalan ke Karawaci Mall , nggak sengaja masuk The Body Shop. Niatnya mau ngasih rekomendasi ke papa parfum TBS yang aduhai wanginya. Taunya papa malah nyaranin beli rangkaian produk Tea Tree. Well, pasrah aja lah ya, karena udah nyoba ini itu nggak ada yang berhasil, bahkan rajin facial ke salon, dipencet paksa kan tuh si jerawat – jerawat, treatment masker inilah itulah, malah makin parah hasilnya kondisi kulit muka. Thank’s to my dad, kulit muka aku sekarang jauh lebih sehat.

Now, aku review satu – satu berdasarkan urutan pakenya ya.

“Selain mencegah munculnya jerawat, toner ini juga membuat kulit tampak matte alias bebas kilap seharian serta membantu membuat kulit terasa bersih, segar, dan mengecilkan tampilan pori-pori. Diperkaya dengan Tea Tree Oil untuk membantu membersihkan sekaligus menyegarkan kulit. Wajib dimiliki si kulit berminyak! “https://www.thebodyshop.co.id/reno-tea-tree-toner-250ml-922.html

Teksturnya sama aja kayak toner pada umumnya. Cair. Wanginya khas tea tree, mirip wangi kayu putih apa mint gitu. Cepet meresap ke kulit, nggak lengket, dan aku suka nya dia ini bikin kulit kerasa seger banget, semriwing apalagi kalo di anginin, sekian detik di awal apply ke kulit emang ada rasa panas celekit – celekit, tapi bentar banget dan bukan panas yang gimana. Oh ya, kalian bisa liat di bagian dasar botolnya ada semacam serbuk yang mengendap. Jadi kalo mau pake, harus di kocok dulu sampe tercampur. Aku suka make ini buat ngompres pake kapas jerawat yang baru muncul dan yang lagi meradang, efeknya sih oke. Lebih cepet kempes atau lebih cepet pecah. Ini dipake setelah cuci muka pake facial wash atau facial foamnya, tapi setaun belakangan ini aku udah nggak pake, aku ganti sabun Cusson’s baby varian milk and chamomile, kemasannya warna biru. Toner ini tuh isi : 250ml, harga : Rp. 169.000,- Kalo yang versi travel pack kayak di gambar paling kanan , isi : 60ml, harga : kalo nggak salah Rp. 69.000,-

Step kedua setelah pake toner adalah pake daily solution nya, aku sih nyebutnya serum.

” Serum dengan tekstur cair ini membantu yang ringan dan mudah meresap di kulit ini membantu mencegah munculnya jerawat, mengurangi noda bekas jerawat dengan kandungan Community Trade tea tree oil. Kulit pun tampak bebas kilap seharian. ” https://www.thebodyshop.co.id/tea-tree-daily-solution-50ml-045.html

The Body Shop Tea Tree Daily Solution ini teksturnya juga cair. Cepet juga meresap ke kulit. Awalnya agak lengket tapi jangan di bayangin lengket kayak permen karet gitu ya dear, lebih ke moist. Kulit muka ku kalo habis pake ini berasa kenyal. Apply nya di tetesin ke spot – spot tertentu pake pipet nya, aku biasa tetesin di area T, masing – masing setetes, baru di usap rata ke seluruh bagian muka kecuali mata dan bibir, sambil di pijit. Isi : 50ml, harga : Rp. 279.000,-

Langkah ketiga, apply lotion.

“Lotion wajah ringan yang mudah meresap, membantu memberikan kadar air dan mengontrol minyak pada wajah sehingga wajah terasa lembap dan bebas kilap. Diperkaya dengan tea tree oil yang membantu mengurangi jumlah dan ukuran jerawat, membatasi pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, dan membantu proses pembentukan jaringan kulit.”https://www.thebodyshop.co.id/reno-tea-tree-face-lotion-50ml-980.html

The Body Shop Tea Tree Mattifying Lotion ini berfungsi sebagai alas bedak. Aku sihh nggak pernah pake foundation dan lain – lain. Setelah apply ini langsung bedakan. Dan selanjutnya selanjutnya. Isi : 50ml, harga : Rp. 189.000,-

Nah buat skincare routine malem, mattifying lotionnya diganti Night Lotion Atau Night mask.

” Pelembap wajah malam hari dengan tekstur gel-krim yang mudah meresap. Membantu menenangkan kulit berjerawat dan melembapkan kulit saat Anda tertidur lelap. “https://www.thebodyshop.co.id/catalog/product/view/id/1213/s/reno-tea-tree-night-lotion-30ml-011/category/550/

Semua produk Tea Tree nya TBS yang udah aku coba, gampang banget meresap, nggak lengket, jadi nggak bikin risih kulit muka. Cuma night mask nya aja yang agak berasa lengket. Makanya sekarang aku prefer night lotion buat malem. Night mask aku pake sesekali aja, selingan.

” Masker wajah malam hari yang diperkaya dengan tea tree essential oil, salicylic acid, dan aloe vera. Membantu mengurangi noda bekas jerawat dan melembapkan kulit, sehingga kulit tampak bersih, halus, dan lembap saat Anda terbangun di pagi hari. ” https://www.thebodyshop.co.id/tea-tree-overnight-mask-75ml-053.html

Yang paling kiri itu kemasan asli nya wadah kaca, 75ml, harga : Rp. 289.000,- Sedangkan dua lainnya itu udah aku pindah ke wadah lain biar lebih praktis aja kalo dibawa traveling. Night mask ini aku lebih suka kalo disimpen di kulkas, jadi pas dipake kesannya makin adem, seger, fresh rasanya ke kulit.

Oh iya, tambahan nih, awal pake rangkaian tea tree ini, aku cuma pake Facial Foam, Toner, Mattifying Lotion sama Tea Tree oil buat di pake pas malem sebelum tidur, ditotolin ke jerawatnya. Kemasannya botol kaca, mungil isi : 10 ml, harga : Rp. 119.000,-

” Siapa yang tidak pernah mencoba spot treatment ini? Kandungan anti bakterinya membuat jerawat mengempis, produk ini disukai tua maupun muda! Perawatan khusus jerawat yang membantu menjaga kulit tampak bersih ini mengandung Tea Tree essential oil sebanyak 15%. Cocok untuk kulit yang mudah berjerawat.”https://www.thebodyshop.co.id/catalog/product/view/id/1551/s/reno-tea-tree-oil-10ml-881/category/550/

Kalau cuma liat harganya, emang sih ya lumayan gede buat kantong mahasiswa atau yang belum punya penghasilan lebih, tapi worth it loh, soalnya abisnya juga lama, bisa 3-4 bulan sekali baru beli lagi. Lebih hemat, lebih sehat juga kalo menurutku. Dan ya, di kulit muka aku so far manfaat nya kerasa banget. Lagi -lagi, kembali ke kondisi kulit masing – masing, walopun belum tentu semua cocok, tapi mudah – mudahan bisa bantu nambah referensi.

Ups, hampir lupa, aku sempet berenti pake semua rangkaian setelah 4 bulan pemakaian, bukan karena nggak cocok, tapi karena abis dan harus ngumpulin duit lagi dulu buat beli hehehehe… Dan selama nggak pake, nggak terjadi apa – apa sama kulit muka, nggak ada perubahan, so aku simpulin kalo kulit muka ku nggak ketergantungan sama produk ini. Aku baru mulai pake lagi hampir 8 bulan terakhir. Senggang waktu nggak pake nya sekitar 1 taun lebih. Dan selama itu aku cuma mengandalkan Cusson’s Baby tadi. Bahkan bedak juga nggak pake. Sekarang kondisi kulit muka cuma sesekali keluar jerawat, terutama menjelang menstruasi, on my period atau pas abis kena debu berlebih. Bekas – bekas hitam mulai pudar, sama bopeng nya yang masih keliatan dikit.